Terbongkar Sudah, Banyak Makam Fiktif di DKI Jakarta

beritamix.com – Sebanyak 422 makam di wilayahDKI Jakarta terindikasi fiktif. Dari jumlah tersebut, 277 makam di antaranya dinyatakan fiktif dan sudah dilakukan pembongkaran oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin mengatakan hingga saat ini di seluruh wilayah ibukota, pihaknya menemukan ada sebanyak 422 makam yang sudah terindikasi fiktif.

“Sementara yang sudah dilakukan klarifikasi, ada 345 unitmakam. Dari jumlah tersebut sudah dilakukan pembongkaran sampai saat ini sebanyak 277 makam. Itu data keseluruhan DKI,” katanya, Selasa (9/8).

Djafar menjelaskan sejauh ini pihaknya menemukan fakta bahwa di TPU Tegal Alur menjadi lokasi yang paling banyak ditemukanmakam fiktif.

“Sejauh ini Tegal Alur yang paling banyak, ada 160 lebih makam fiktif di Tegal Alur. Modusnya tidak terdaftar di registrasi kita, tapi gundukan di lapangan lebih banyak,” tuturnya.

Sementara itu khusus mengenai data makam fiktif di wilayah Jakarta Timur, Kepala Suku Dinas Pemakaman dan Pertamanan Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung menuturkan bahwa hingga saat ini pihaknya sudah menemukan 59 makam yang terindikasi fiktif dengan 33 di antaranya yang sudah dibongkar.

“Rinciannya ada 39 makam di TPU Pondok Ranggon, 4 makam di TPU Utan Kayu, dan 16 makam di TPU Penggilingan. Jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah,” ungkapnya.