Berita terpopuler minggu ini diramaikan dengan berita komentar Presiden Jokowi soal karakter ucapan orang Batak, bantuan Dedi Mulyadi untuk ibu yang digugat anaknya, ambruknya plafon Bandara Supadio dan penemuan pendaki yang hilang di Gunung Dukono.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Jami’yah Batak Muslim Indonesia di Mandailing Natal memuji budaya Batak yang halus-halus. Bahkan lebih halus dibanding orang Solo.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi membantu Siti Rokayah yang digugat anak Siti sebesar Rp 1,8 miliar. Dedi mengancam akan gugat balik anak Siti dengan tuduhan pemerasan.

Plafon di ruang tunggu lantai dua terminal keberangkatan Bandara Internasional Supadio ambruk menyebabkan sejumlah orang terluka.

Briyan Lobiua (17), seorang pendaki gunung yang dikabarkan hilang saat mendaki gunung Dukono di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, ditemukan selamat. Briyan ditemukan dalam keadaan kelelahan.

Berkut 4 berita terpopuler nusantara minggu ini

1. Presiden Jokowi memuji orang Batak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, menghadiri pembukaan silaturahmi nasional Jami’yah Batak Muslim Indonesia (JBMI) di pondok pesantren Mustofhawiyah di Desa Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara, Sabtu (25/3/2017).

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan kagum dengan budaya masyarakat Madina yang sangat indah dan harmonis, di tengah-tengah perbedaan suku dan agama.

“Beragam tapi harmonis, inilah Indonesia. Saya berharap JBMI memperkuat ajaran bangsa Batak seperti Dalihan Natolu. Saya yakin nilai-nilai luhur bangsa Batak sesuai dengan Islam yang Rahmatan lil Alamin,” kata Jokowi.

Dirinya juga yakin masyarakat Madina tidak menyukai ujaran-ujaran kebencian dan caci maki yang sering terlihat di media sosial saat ini. Umpatan, fitnah, saling menjelekkan dan mencela, menurutnya, bukan budaya Indonesia.

“Apalagi Batak di sini, orangnya halus-halus, saya yang orang Solo kalah halus,” katanya disambut tepuk tangan sekitar 13 ribuan warga yang hadir.

2. Dedi Mulyadi bantu Siti Rokayah

Siti Rokayah (85) alias Amih, seorang ibu yang digugat anaknya, mencurahkanpermasalahan yang dihadapinya kepada Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, Sabtu (25/3/2017) malam.

Amih (sebelumnya ditulis Siti Rohaya, red) merasa terharu saat Dedi bisa menyempatkan diri menemuinya di rumah anak bungsunya Leni di Kelurahan Muara Sanding, Kota Garut, Jawa Barat.

“Saya berterima kasih sekali Pak Dedi bersedia menemui langsung. Saya minta Pak Dedi segera menemui anak dan suaminya di Jakarta yang menuntut ganti rugi 1,8 miliar,” kata Amih kepada Dedi ditemani anak-anak lainnya, Sabtu malam.

Siti yakin bahwa Dedi bisa menyelesaikan permasalahan tuntutan anaknya yang kesembilan yang menggugat perdata ke pengadilan tentang perkara utang-piutang.

“Saya yakin Pak Dedi ini anak berbakti pada orang tua, sudah rela jauh datang ke sini,” kata dia.

Sementara itu, Dedi mengaku bahwa kedatangannya menemui Amih dilakukan sebagai upaya membantu wanita yang telah membesarkan 13 anak tersebut.

“Saya tak punya maksud apa-apa. Saya hanya teringat almarhum ibu saya. Saya tahu bahwa seorang anak tak akan bisa membayar pengorbanan seorang ibu selama hidupnya,” kata Dedi.

3. Plafon Bandara Supadio ambruk

Plafon di ruang tunggu lantai dua terminal keberangkatan Bandara Internasional Supadio ambruk, Minggu (26/3/2107), sekitar pukul 16.10 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, dua penumpang mengalami luka ringan tertimpa puing material plafon.

4. Pendaki yang hilang di Gunung Dukono ditemukan

Seorang pendaki gunung bernama Briyan Lobiua (17) yang dikabarkan hilang saat mendaki gunung Dukono di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Sabtu (25/3/2017) ditemukan selamat pada Minggu (26/3/2017) pagi.

Briyan ditemukan oleh warga setempat yang tengah mencari kayu di daerah hutan Desa Soakonora Kecamatan Galela.