Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, sudah mendengar kabar dari pasar keuangan terkait pengunduran diri Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia (PTFI) Chappy Hakim.¬†Informasi tersebut didapatkan Edwin dari dalam negeri. “Saya sudah dengar pagi ini mas dari dalam negeri,” ujarnya melalui pesan singkat.

Dia menduga, kabar adanya pengunduran diri Chappy tersebut tidak lepas dari kasus kisruh yang terjadi di DPR beberapa waktu lalu. “Yang perlu dicari tahu mengapa seorang Presdir perusahaan besar Freeport bisa marah-marah sambil nunjuk-nunjuk anggota DPR?” kata Edwin.

Selain itu, kejadian tersebut membuat banyak yang bertanya-tanya ada apa sebenernya yang terjadi di Gedung Wakil Rakyat itu. “Saya melihat justru ada masalah apa sampai Chappy Hakim marah-marah seperti itu? Dia kan mantan jenderal bintang empat plus seorang Presdir perusahaan besar dunia, harusnya jauh lebih bijak dan sabar. Masalah itu yang perlu dicari tahu, kalau berat, mungkin itu yang bisa menjadi alasan mundur,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya Chappy Hakim dikabarkan telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden direktur PT Freeport Indonesia. Dilansir dari The Insider Stories, Jumat (17/2/2017), surat pengunduran diri telah dikirim ke kantor pusat Freeport McMoran di Amerika Serikat (AS).