Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono (Soni), kembali dipercaya menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat yang akan menjalani cuti kampanye putaran dua Pilkada DKI, mulai 7 Maret sampai 15 April 2017 mendatang.

Penyampaian nota pengantar tugas Plt Gubernur DKI Jakarta ini pun digelar Senin (6/3) di Balai Kota DKI Jakarta sekira pukul 19:00 WIB. Penyampaian nota pengantar tugas Plt Gubernur DKI Jakarta ini pun telah berdasarkan surat keputusan Mendagri Nomor 121.31-2374 Tahun 2017.

Ahok, dalam sambutannya, menitipkan sembilan pokok tugas kepada kepada Soni. Salah satunya, Ahok meminta Soni untuk memperhatikan pembangunan Jakarta Creative Hub, yang merupakan wadah bagi para pelaku usaha muda untuk mengembangkan kreatifitas mereka dan berwirausaha dapat dimaksimalkan.

Selain itu, Ahok juga meminta Soni untuk memfokuskan mendorong agar setiap kota/RW diadakan RPTRA.

“Ini harus difokuskan, sehingga untuk ini kita akan banyak membeli tanah,” tukas Ahok.

Selain dua poin di atas, tujuh poin lainnya titipan Ahok selama meninggalkan Balai Kota DKI kepada Soni diantaranya adalah ‘menitipkan’ soal rancangan pembangunan ruang publik di Simatupang agar sama seperti di Kalijodo.

Kemudian, Ahok juga berpesan agar Soni mengunjungi makam Mbah Priuk. Pasalnya, Pemprov DKI sudah menetapkan 3,4 hektare lahan di sana yang akan didesain jadi destinasi wisata. Selanjutnya soal ground breaking Lapangan Banteng, dan soal Masjid raya Jakarta yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Tak berhenti di situ, Ahok juga meminta Soni agar memperhatikan inflasi yang bakal melonjak karena minyak naik, memperhatikan food station operasi pasar dan memperhatikan Pasar Jaya. Dan terakhir, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pemprov menargetkan membangun 200 RPTRA, 100 RPTRA dari dana APBD dan 100 RPTRA dari CSR perusahaan swasta.