Seorang netizen marah-marah di media sosial saat berada di Bandara KLIA2 Kuala Lumpur. Dia tak mendapati nama Indonesia, yang ada malah Indochina.

Postingannya disambut riuh di media sosial. Ada yang bilang Indonesia sudah dikuasai China atau mau bersatu dengan China.

Pengguna akun Facebook tersebut bercerita, pada Rabu (22/2) lalu, di berada di depan papan informasi yang ada di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2, di counter V untuk maskapai AirAsia. Dia tengah antre untuk peletakan bagasi.

Pada papan informasi tersebut muncul tulisan Indochina, Philippines, Singapore, Brunei, Australia, dan New Zealand. Lama menunggu, dia tak kunjung menemukan ‘Indonesia’ di papan tersebut.

“Pas mau check in di Bandara KLIA 2, Malaysia, pas lihat di papan info, ada tulisan Indochina, saya tunggu mana Indonesia tapi tetap muncul Indochina. Jadi di mana letak negara Indochina? Mikir dan sadarlah saudaraku Indonesia,” kata si pengguna Facebook tersebut.

Posting tersebut lantas tersebar ke Twitter dan menjadi bahan perbincangan. Ada yang langsung ikut-ikutan mengumpat sampai-sampai ‘menyerang’ AirAsia, namun ada pula yang mengkritisi posting tersebut.

Mereka yang mengkritisi posting menjelaskan bahwa Indochina merupakan sebutan untuk suatu wilayah yang sudah umum dipakai, bukan merujuk pada nama negara atau selengekan untuk merendahkan negara tertentu.

Jelas kabar ini hoax. Indochina adalah negara-negara di semenanjung Asia Tenggara atau Asia Tenggara daratan. Dulu saat bangsa barat masuk ke Asia Tenggara mereka menamakan Indochina karena negara-negara ini terpengaruh budaya China dan India.

Indochina Jadi Perdebatan dan Trending Topik di Media Sosial, Apa sih itu1

Secara sempit negara yang termasuk Indochina adalah negara jajahan Prancis seperti Kamboja, Laos dan Vietnam. Secara luas mengacu kepada geografis kawasan, Thailand dam Myanmar juga bisa masuk karena masih termasuk daratan Asia Tenggara atau mainland.

Sementara Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura sering disebut kawasan maritim Asia Tenggara sehingga tak digolongkan Indochina. Budaya yang berkembang di sini lebih dominan dipengaruhi Budaya Melayu.

Lalu menanggapi ocehan sang netizen yang marah-marah kenapa tak muncul-muncul, pihak AirAsia pun menjelaskan ada counter khusus untuk check in bagasi bagi para penumpang KLIA2 yang menuju Indonesia. Lokasinya terpisah dengan check in untuk Indochina karena jadwal penerbangan ke Indonesia pun lebih banyak.