PM Prancis Sebut Payudara Lebih Baik Daripada Kerudung

beritamix.com – Sudah sejak lama jika agama Islam selalu menuai kontroversi di Prancis. Hal ini sendiri mengakar pada banyaknya Islamophia yang melanda para pejabat pemerintahan Prancis. Terbaru mereka bahkan melarang penggunaan pakaian renang Muslim alias burkini. Namun yang paling bikin heboh saat ini adalah pernyataan Manuel Valls.

Valls adalah Perdana Menteri Prancis yang menuai kritik atas pemahamannya dan berbeda pandangan dengan Menteri Pendidikan Prancis mengenai burkini. Seperti yang diketahui, Valls mendukung Walikota Cannes yang melarang pemakaian burkini di pantai. Dan dalam pidatonya hari Selasa (30/8) malam, Valls kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial.

Dengan berapi-api, Valls memuji payudara telanjang Marianne, perempuan yang jadi simbol nasional Republik Prancis. “Marianne punya payudara telanjang karena dia memberi makan rakyat! Dia tidak berkerudung karena dia merdeka! Itulah republik!”, papar Valls seperti dilansir The Guardian.

Dengan segera komentar Valls ini langsung menuai pro-kontra dari kalangan politisi, sejarawan hingga kaum feminis. Tak sedikit dari mereka yang mengecam Valls karena dianggap SARA. Salah satunya adalah sejarawan Revolusi Prancis yakni Mathiled Larrere yang berkomentar, “Marianne bertelanjang dada itu hanyalah sebuah kiasan. Simbol.”

Senada dengan Larrere, banyak sejarawan yang malah mempertanyakan wawasan Valls soal sejarah Republik Prancis. Karena Marianne sendiri resmi jadi simbol Republik Prancis pada 1848 setelah jatuhnya pemerintahan monarki. Tak heran kalau akhirnya banyak netizens berpendapat jika pernyataan Valls ini bisa memperburuk pandangan Islam di Negeri Anggur itu.