Manor Racing Akhiri Kontrak Balap F1 Rio Haryanto

beritamix.com – Manor Racing mengumumkan Esteban Ocon sebagai pebalap baru hanya berselang 30 menit setelah memutus kontrak pebalap Formula 1, asal Indonesia,Rio Haryanto. Pria asal Prancis tersebut bakal berpartner dengan Pascal Wehrlein hingga akhir musim 2016.

Ocon akan menjalani debut sebagai pebalap Manor pada GP Belgia pada 28 Agustus. Penunjukan Ocon ini sesuai dengan spekulasi yang santer beredar sejak GP Hungaria, pada bulan lalu.

Status Ocon sebelum resmi dipinang Manor adalah pebalap Junior Mercedes, sama seperti Wehrlein. Dia juga merupakan pebalap cadangan tim F1 Renault. Sebelumnya dia merupakan juara di ajang FIA F3 pada 2014 dan GP3 pada 2015.

“Kami dengan gembira menyambutEsteban Ocon ke Manor Racing untuk sisa musim ini. Dia jelas-jelas salah satu bintang yang sedang naik daun di F1, bersinar sebagai pebalap cadangan Renault, selain juga berkompetisi di ajang DTM bersama Mercedes-AMG pada tahun ini,” kata Direktur Balapan Manor, Dave Ryan

“Tim kami membuat langkah besar pada 2016, termasuk finis di zona poin untuk kali pertama (musim ini), pada GP Austria bulan lalu. Kami perlu menjaga ritme pengembangan untuk mencapai ambisi kami, bukan hanya untuk musim ini, tapi juga jangka panjang. Jadi pengganti yang berkaliber adalah kuncinya.”

“Kami yakin, saat Esteban melakukan debut GP Belgia, kami akan memiliki line-up menjanjikan untuk bertarung dengan kompetitor hingga akhir musim ini,” imbuh Ryan.

Seperti diketahui, Manor resmi memutus kontrak Rio pada Rabu ini setelah tak ada kesepakatan terkait pembayaran dana. Manajemen Rio tak bisa melunasi dana senilai 7 juta euro untuk menjamin posisi Rio hingga akhir musim. Dengan hanya membayar 8 juta euro, petualangan Rio di Manor seharusnya berakhir pada seri GP Hungaria alias seri ke-11. Namun, Manor memberikan kelonggaran hingga putra pasangan Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto itu bisa membalap pada seri ke-12 di GP Jerman.

Sayangnya, kelonggaran itu hanya berlaku selama satu seri. Tepat pada 10 Agustus, Manor resmi mendepak Rio Haryanto. Berakhir pula petualangan pebalap pertama Indonesia di ajang F1 tersebut.

Munculnya Ocon sebagai kandidat pengganti Rio Haryanto baru muncul belakangan. Sebelumnya, ada beberapa pebalap yang dinilai punya kans mendampingi Wehrlein, antara lain Stoffel Vandoorne, Jordan King, dan Alexander Rossi. Belakangan, kandidat pengganti Rio mengerucut pada dua nama, Ocon dan Vandoorne. Namun, Renault sudah terang-terangan membantah gosip tersebut. Kursi Manor akhirnya jadi milik Esteban Ocon.