Waspada Ancaman Narkoba, 643 Narkoba Jenis Baru Dan yang Sudah Beredar di Indonesia

beritamix.com – Wakil Gubernur Jawa Barat,Deddy Mizwar meminta masyarakat mewaspadai narkoba jenis baru yang beredar di masyarakat.

Pasalnya, berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh United Nations Office on Drugs Crime atau organisasi dunia yang menangani masalah narkotika dan kriminal terdapat 643 narkoba jenis baru yang beredar di dunia.

“Yang sudah masuk ke Indonesia ada 44 jenis. Ini harus diwaspadai terutama oleh generasi muda,” kata Deddy Mizwar di sela-sela peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di areal parkir Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Selasa (9/8/2016).

Wagub yang akrab disapa Demiz itu menyebut saat ini narkoba tidak hanya berbentuk sabu atau heroin. Menurut data Badan Narkotika Nasional (BNN), lanjut Demiz, saat ini banyak ragam dan jenis narkoba baru yang bermetamorfosis dalam berbagai bentuk.

Bahkan beragam narkoba jenis baru itu sudah disisipkan dalam aneka makanan yang sering kita jumpai sehari-hari. Demiz mengatakan, anak-anak dan remaja menjadi sasaran empuk bagi para pengedar narkoba sehingga para pengedar melakukan berbagai cara agar narkoba bisa tetap menyebar ke masyarakat.

“Sekarang bentuknya bisa permen, kue kering, kue bolu, berbentuk rokok. Di Bogor terakhir berbentuk permen makanan. Biasanya ada campuran sabu-sabu dan zat psikotropika lainnya,” ungkap Demiz.